https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI MEDIA WINGEOM | Nila Kurniasih | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI MEDIA WINGEOM

Tika Listiana, Bambang Priyo Darminto, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Purworejo yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan, minat siswa meningkat yang nampak dari peningkatan persentase hasil observasi sebesar 10,62% dan dari peningkatan persentase hasil angket minat belajar siswa sebesar 10,37%. Pemahaman konsep siswa juga meningkat, yang nampak dari peningkatan persentase tiap-tiap indikator pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II, yaitu menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 15,63%, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) sebesar 2,18%, memberi contoh dan non-contoh dari konsep tetap dengan persentase 96,88%, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 13,28%, mengembangkan syarat perlu/syarat cukup suatu konsep sebesar 21,59%, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 0,33% serta mengaplikasikan konsep/algoritma pemecahan masalah sebesar 17,68%. Rata-rata nilai siswa kelas VIII B pada siklus I sebesar 76,41 dengan ketuntasan klasikal 71,88% meningkat menjadi 88,22 dengan ketuntasan klasikal 93,75% pada siklus II.

 

Kata kunci: minat belajar, pemahaman konsep, media wingeom


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.